Kediri (Antaranews Jatim) - Lebih dari 1.000 orang mengikuti gerak jalan dalam rangka napak tilas Jenderal Sudirman dari Kediri menuju Bajulan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu.

Pertunjukan teater Dwi Tunggal Sang Pejuang Jendral Sudirman mengantar keberangkatan para peserta gerak jalan napak tilas di depan Taman Makam Pahlawan Kota Kediri.

Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu mengemukakan kegiatan gerak jalan menempuh jarak 37 kilometer itu merupakan bagian dari upaya mengingat perjuangan pahlawan kemerdekaan dan menanamkan rasa cinta Tanah Air.

"Sebagai warga Kota Kediri harus berbangga, Kota Kediri menjadi salah satu rute yang dipilih Panglima Besar Jendral Sudirman saat berjuang secara gerilya pada zaman dahulu," katanya.

Dia meminta seluruh peserta menjaga sportivitas dan berhati-hati saat menempuh perjalanan mengingat rutenya tidak semuanya mudah, melewati jalan berliku, bukit, hingga sungai.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar menyatakan peserta kegiatan, yang tidak hanya berasal dari Kediri, akan melewati enam pos yang masing-masing terdiri atas 10 juri. 

Dalam lomba dengan kategori beregu putra, beregu putri hingga umum itu, pemenang akan mendapatkan uang pembinaan serta penghargaan dari pemerintah kota selain sertifikat dan fasilitas asuransi. Total hadiah yang diperebutkan dalam lomba hingga Rp15 juta. 

Pejabat setempat termasuk Komandan Kodim 0809 Letkol Kav Dwi Agung, Komandan Brigif 16 Wira Yudha Kolonel (Inf) Slamet Riyadi, Ketua KONI Kota Kediri Heru Marwanto, Perwakilan Forkopimda Kota Kediri, Perwakilan LVRI Kota Kediri, hingga kepala-kepala organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Kediri menghadiri pembukaan gerak jalan napak tilas tersebut.