Pemerintahan

                Un Achmad Nurdin kabag adm. pemerintahan umum

Alamat Kantor   : Jl. Jend. Basuki Rahmat no 15

                   Kecamatan Kota Telp. 682955

Kepala Bagian

Nama                  : Ir. UN ACHMAD NURDIN, MM

NIP                     : 19670506 199202 1 003

Pangkat              : Pembina Tk. I

Gol. Ruang          : IV/b

Kelahiran             : Kediri, 06 Mei 1967

 

Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi

Pasal 6

  1. Bagian Pemerintahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf b angka 1 mempunyai tugas menyiapkan perumusan kebijakan, mengoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya dibidang administrasi pemerintahan dan administrasi kewilayahan yang meliputi kecamatan dan kelurahan, aparatur pemerintahan dan otonomi daerah, administrasi pertanahan, dan monitoring dan evaluasi pemberdayaan masyarakat serta kerjasama daerah.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bagian Pemerintahan mempunyai fungsi :
  1. pelaksanaan penyiapan perumusan kebijakan di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerjasama daerah;
  2. pelaksanaan koordinasi dan penyusunan program kegiatan serta petunjuk teknis pelaksanaan di bidang pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerjasama daerah;
  3. pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan di bidang pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerjasama daerah;
  4. pelaksanaan pembinaan administrasi pemerintahan di bidang pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerjasama daerah;
  5. pelaksanaan pemprosesan administrasi perizinan perjalanan dinas luar negeri bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah serta pimpinan dan anggota DPRD; dan
  6. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pasal 7

Sub Bagian Administrasi Pemerintahan Umum sebagaimana dimaksud dalam

Pasal 3 ayat (1) huruf b angka 1 huruf a) mempunyai tugas :

  1. mengumpulkan bahan penyusunan kebijakan program dan petunjuk teknis penyelenggaraan urusan pemerintahan umum;
  2. melaksanakan koordinasi dan fasilitasi penyelenggaraan urusan pemerintahan;
  3. menyusun kebijakan program dan petunjuk teknis pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan otonomi daerah;
  4. memfasilitasi urusan administrasi pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah;
  5. memfasilitasi urusan administrasi peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota DPRD;
  6. mengumpulkan bahan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) sebagai laporan pertanggungjawaban Walikota di bidang pemerintahan;
  7. melaksanakan harmonisasi urusan pemerintahan dalam wilayah kota dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi;
  8. melaksanakan pemprosesan administrasi perizinan perjalanan dinas luar negeri bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah serta pimpinan dan anggota DPRD;
  9. melaksanakan proses administrasi kebijakan tentang Perangkat Kelurahan non PNS (mantan perangkat desa); dan
  10. pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan kemasyarakatan kelurahan;
  11. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan sesuai tugas dan fungsinya.

Pasal 8

Sub Bagian Administrasi Kewilayahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3

ayat (1) huruf b angka 1 huruf b) mempunyai tugas :

  1. mengusulkan penataan daerah skala daerah;
  2. mengolah database laporan penataan daerah skala daerah;
  3. menindaklanjuti pedoman, norma, standar, prosedur dan kriteria laporan penataan wilayah skala daerah;
  4. merumuskan kebijakan dalam rangka persiapan pembentukan, penghapusan, pemecahan kecamatan/kelurahan dan perubahan nama kota serta pusat pemerintahan.
  5. mengumpulkan bahan masukan pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah kota untuk sidang Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD);
  6. merumuskan kebijakan dan pelaksanaan penetapan, penegasan dan penghapusan batas wilayah kecamatan dan kelurahan;
  7. melaksanakan kebijakan pembinaan, sosialisasi, observasi dan pengkajian penyelenggaraan penataan wilayah skala daerah;
  8. menyampaikan data, informasi dan laporan penataan wilayah skala daerah ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur;
  9. merumuskan penetapan kebijakan daerah mengenai toponimi dan pemetaan wilayah kota mengacu pada kebijakan nasional;
  10. melaksanakan inventarisasi perubahan luas wilayah daerah;
  11. melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  12. menyiapkan bahan fasilitasi penyelesaian perselisihan di bidang pertanahan;
  13. menyiapkan bahan penyelesaian Aset Bekas Milik Asing/Cina;
  14. menyusun kebijakan program dan petunjuk teknis izin lokasi, penetapan lokasi dan izin perubahan penggunaan tanah;
  15. melaksanakan proses penerbitan izin lokasi, penetapan lokasi izin perubahan penggunaan tanah dengan berkoordinasi dengan instansi terkait;
  16. memberikan pertimbangan pencabutan, pembatalan surat keputusan izin lokasi, penetapan lokasi dan izin perubahan penggunaan tanah berdasarkan hasil rapat tim teknis;
  17. monitoring dan evaluasi izin lokasi, penetapan lokasi dan izin perubahan penggunaan tanah;
  18. merumuskan kebijakan penataan tanah negara;
  19. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan sesuai tugas dan fungsinya.

Pasal 9

Sub Bagian Kerjasama Daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1)

huruf b angka 1 huruf c) mempunyai tugas :

  1. menyusun program kerja dan petunjuk pelaksanaan kerjasama daerah;
  2. melaksanakan koordinasi antar lembaga pemerintahan dan lembaga lain dalam kerjasama daerah;
  3. mengumpulkan, mengolah, menyiapkan data kerjasama daerah;
  4. merumuskan dan memproses naskah perjanjian kerjasama daerah;
  5. melaksanakan monitoring dan evaluasi, pengendalian kerjasama daerah;
  6. merumuskan kebijakan penyelesaian perselisihan yang terjadi dalam pelaksanaan kerjasama daerah; dan
  7. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Jalan Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur 65146

(0354) 682955

kediri@kedirikota.go.id