Pemerintah Kota Kediri melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) kenalkan aplikasi Pelayanan Kepegawaian Terpadu (PKT) melalui kegiatan sosialisasi yang bertempat di Hotel Lotus, Senin (20/12). Aplikasi yang dirancang sejak 2019 tersebut diciptakan sebagai wujud pemberian pelayanan kepegawaian kepada ASN di Kota Kediri melalui sembilan menu layanan yang tersedia.
Kesembilan menu layanan tersebut, antara lain: kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pensiun, izin belajar, rekomendasi seleksi tugas belajar, SK tugas belajar, surat keterangan, satya lancana, serta cuti.
Dalam sambutannya, Un Achmad Nurdin, Kepala BKPPD Kota Kediri menjelaskan aplikasi PKT merupakan sistem yang terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung penyelanggaraan administrasi kepegawaian yang lebih efektif dan efisien. Aplikasi tersebut dapat diakses kapanpun dan di manapun, sehingga ASN tidak perlu datang ke BKPPD untuk mengurus administrasi kepegawaian.
Un juga menyampaikan guna memberikan wawasan teknis kepada para ASN, BKPPD akan gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang akan diselenggarakan pada Selasa (21/12) dan Rabu (22/12) secara virtual sebagai langkah tindak lanjut. “Bimtek ini sangat diperlukan supaya ASN tidak hanya menangkap materi secara teori saja, akan tetapi demo aplikasi juga” terangnya.
Pada kesempatan yang sama Bagus Alit, Sekretaris Daerah Kota Kediri juga menyampaikan bahwa sebagai ASN diwajibkan untuk selalu berinovasi untuk memberikan pelayanan yang efisien. E-government merupakan suatu bentuk penerapan teknologi elektronik untuk berbagai kegiatan pemerintahan dalam cakupan internal dan eksternal.
“Pemerintahan saat ini mendapatkan dorongan dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang efektif, hal itulah yang menyebabkan e-government berperan penting bagi pengambil keputusan yang mulai meninggalkan sistem traditional government yang ditandai dengan paper based yang mulai ditinggalkan” jelas Bagus.
“Aplikasi ini merupakan suatu solusi penerapan sistem yang memanfaatkan telnologi informasi untuk mendukung penyelenggaraan administrasi kepegawaian yang efektif dan efisien. Saya ucapkan selamat atas diluncurkannya aplikasi PKT ini, semoga Tuhan memberikan rahmadNya kepada kita dalam mengemban tugas” imbuhnya.
Dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian, di mana dalam seluruh prosesnya mulai dari registrasi, verifikasi, hingga validasi dilakukan secara online. Dengan demikian waktu yang diperlukan pun lebih singkat.
Ia juga berpesan kepada seluruh ASN “untuk pelayanan kepada internal maupun eksternal Saya mohon kepada OPD untuk mengkoreksi apakah SOP pelayanan sudah efisien, kalau SOP belum efisien tolong untuk disederhanakan saja agar tidak berbelit-belit dalam melakukan pelayanan” tegas Sekda.
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri