Pohon Rimbun Tutupi Traffic Light, Dishub Dan DLHKP Lakukan Pemangkasan

berita | 09/02/2022

Rimbunnya pepohonan di tepi jalan membuat tertutupnya sarana prasarana traffic light di beberapa tempat.  Menanggapi hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri melakukan pemangkasan pepohonan pada Rabu (9/2). 

Kepala Dinas DLHKP Kota Kediri, Anang Kurniawan saat ditemui mengatakan jika kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jalan. "Jadi kemarin kita sudah berkoordinasi dengan Dishub untuk membantu melakukan pemangkasan ranting-ranting pohon yang menutupi traffic light. Hal ini kita lakukan untuk kenyamanan pengguna jalan agar tidak terjadi kecelakaan," ungkap Anang Kurniawan, Rabu (9/2).

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 4 titik dilakukan pemangkasan pohon yang menutupi traffic light. 4 titik tersebut menurut Anang memang perlu dilakukan pemangkasan pohon karena sering dilewati kendaraan berat seperti truk, bus, dan mobil.

"Kita lakukan di 4 titik, diantaranya di simpang 4 Semampir, simpang 3 Iskandar Muda, simpang 4 Mrican, dan simpang 4 Mojoroto. Titik tersebut kita pilih karena termasuk jalan provinsi yang setiap hari dilewati kendaraan berat seperti truk dan bus," tutur Anang.

"Tadi kita mengirim 7 orang untuk melakukan pemangkasan dengan dibantu oleh Dishub sebanyak 3 orang untuk membantu melakukan pengaturan lalu lintas," imbuhnya.

Diharapkan dari kegiatan pemangkasan pohon ini, ranting pohon yang menjuntai ke badan jalan tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan. Selain itu, Anang juga mengatakan kegiatan tersebut juga sebagai antisipasi musim penghujan yang sering terjadi pohon tumbang karena hujan deras disertai angin kencang.

"Semoga dengan dilakukan pemangkasan ini bisa untuk menghindari dahan patah atau pohon tumbang akibat daun terlalu rimbun. Pemangkasan juga dibutuhkan untuk mengendalikan pertumbuhan tanaman yang sudah tidak teratur dan mempertahankan bentuk atau dimensi ukuran tanaman," pungkasnya.

(Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Kediri)

Tidak ada artikel terkait