Jamin Standar Mutu, Pemkot Kediri Dorong Semua Klinik di Kota Kediri Terakreditasi

berita | 21/02/2023

 

Dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu, klinik harus memiliki tata kelola yang baik serta dapat memenuhi standar pelayanan. Dilandasi hal tersebut, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan pembinaan standarisasi klinik dan tata kelola, Selasa (21/2) di Ruang Kilisuci Balaikota Kediri. Kegiatan ini mendatangkan narasumber sekaligus surveyor akreditasi, Betty Sunarisasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri. 

 

Dr Fauzan Adima, Kepala Dinas Kesehatan menuturkan, kegiatan ini sekaligus sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi pusat kesehatan masyarakat, klinik, laboratorium kesehatan, unit transfusi darah, tempat praktik mandiri dokter dan tempat praktik mandiri dokter gigi. “Kebijakan akreditasi ini untuk penjaminan mutu fasilitas kesehatan karena yang dilayani adalah masyarakat. Dengan standar mutu, tentu akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa yang diberikan,” ujarnya.  

 

Kegiatan ini diikuti 43 klinik yang ada di Kota Kediri, baik klinik rawat jalan, rawat inap, klinik pratama maupun klinik utama. dr Fauzan melanjutkan, setelah kegiatan ini pihaknya akan melakukan sosialisasi dan monitoring indeks nasional mutu yang diisi mandiri oleh klinik. Selain itu, Dinas Kesehatan juga akan melakukan pendampingan selama proses akreditasi. “Di minggu-minggu ini akan kita lakukan monitoring untuk melihat apakah klinik tersebut sudah tervalidasi atau belum karena itu juga salah satu syarat akreditasi. Kita juga punya tim klaster binaan yang akan membina klinik selama proses akreditasi. Kita lihat apa saja sarana prasarana yang sudah ada disitu,” jelasnya.

 

Dr Fauzan memaparkan, sebuah klinik bisa terkareditasi jika memenuhi persyaratan seperti kepemimpinan dan manajemen fasilitas kesehatan, layanan klinik yang berorientasi pada pasien, manajemen penunjang layanan klinis, peningkatan mutu dan keselamatan pasien. Sebagai salah satu kota tujuan dalam pelayanan kesehatan, dr Fauzan berharap semua klinik di Kota Kediri bisa terakreditasi dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. “Dengan adanya acara ini, semoga semua klinik bisa terakreditasi sebagai bukti jaminan mutu operasional klinik tersebut. Selain itu, klinik juga harus mematuhi apa yang menjadi ketentuan seperti pengisian laporan, membangun jejaring dengan puskesmas setempat dan Dinas Kesehatan dalam melaksanakan program-program nasional. Kami mendorong klinik untuk melakukan akreditasi untuk peningkatan mutu pelayanan,” harapnya. 

 

*Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri*