Sebagai upaya mensukseskan pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikan memberikan pelatihan teknis kepada proktor dan teknisi dari 138 SD dan 33 SMP swasta/negeri se-Kota Kediri. Diselenggarakan di Aula Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan Kota Kediri menjadwalkan kegiatan bimtek menjadi dua gelombang dan berlangsung mulai hari ini Senin (4/9) hingga Jumat (8/9).
Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Anang Kurniawan mengatakan pelatihan proktor dan teknisi ANBK 2023 ini bertujuan untuk menyiapkan SDM di masing-masing satuan pendidikan agar lebih siap melaksanakan ANBK yang sudah semakin dekat pelaksanaannya yakni pada bulan September dan Oktober 2023. Adapun materi yang diberikan berkaitan tentang mempersiapkan akses internet dan mengatasi kendala atau gangguan server yang mungkin terjadi saat pelaksanaan ANBK 2023. “Kita bimtek agar tim ANBK di masing-masing satuan pendidikan paham bagaimana mengatasi permasalahan. Melalui kegiatan ini kita juga membangun kekompakan antara proktor dan teknisi untuk pemantaban sarana prasarana,” jelasnya.
Saat ANBK berlangsung, seorang proktor dan teknisi memiliki peran penting karena mereka bertugas memastikan keseluruhan proses ANBK berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur yang ditetapkan. “Adanya perubahan struktur tim ANBK di sekolah tiap tahun, juga menjadi dasar kita untuk melaksanakan kegiatan ini. Kalau kita prosentasekan perubahannya sebesar 20 hingga 30 persen karena ada pergeseran atau pergantian anggota baru. Nah, siklus ini kita atasi dengan melakukan penyegaran tentang mekanisme pelaksanaan ANBK,” imbuhnya.
Selain mempersiapkan SDM, Anang menambahkan sekolah harus menyiapkan sarana prasarana dan mengikuti gladi bersih serta ujicoba dengan baik. Sehingga saat pelaksanaan ANBK nanti semua telah siap. Dengan ilmu dan wawasan yang telah diberikan, Anang berharap proktor dan teknisi ANBK yang telah mengikuti pelatihan bisa mempersiapkan diri dan sigap saat pelaksanaan ANBK. “Semoga ANBK bisa terlaksana sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dilakukan dengan jujur sehingga kita mendapatkan data rapor pendidikan yang riil, sebagai potret kinerja kita di sekolah dan dinas sehingga menunjukkan kualitas sekolah dan pendidikan di Kota Kediri,” pungkasnya.
*Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri*