Gelar Workshop Personal Branding, Diskominfo Kota Kediri Targetkan Peningkatan Profesionalitas Kerja

berita | 08/03/2024

Guna meningkatkan profesionalitas kinerja pegawai, Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Kediri gelar workshop Great Personality & Service Excelent bertajuk Kepribadian Yang Profesional Dalam Dunia di  Kerja di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri, Jum’at (8/3).

Workshop Pengembangan Kepribadian ini hadir untuk memberi bekal dan semangat agar para pegawai Diskominfo yang sedang dalam melaksanakan pekerjaannya dapat menjalankannya dengan baik. Peserta yang hadir pada kegiatan ini sejumlah kurang lebih 100 orang.

Kepala Diskominfo melalui Sekretaris Dinas Diskominfo Kota Kediri, Elis Kustyaningsih saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa mengaktualisasikan potensi diri dan membangun kepercayaan orang lain itu sangat penting. Untuk itu workshop ini diperlukan oleh para staf yang berinteraksi  masyarakat langsung ataupun melalui media online.

“Pegawai yang berkarakter dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan dapat melaksanakan tujuan pelayanan publik dalam meningkatkan daya saing institusi di mata publik dan dapat membentuk dirinya menjadi lebih bermartabat” ujar beliau.

Lebih lanjut, workshop ini dihelat dengan tujuan untuk menambah wawasan para peserta agar dapat memiliki sikap profesional dalam bekerja dan dapat memposisikan diri agar mampu memahami tugas dan tanggung jawab, membangun hubungan dan relasi yang baik, serta memiliki integritas dalam bekerja.

Mendaulat Dr. Nurdina, S.Pd, MM sebagai narasumber kegiatan ini berlangsung sangat meriah. Menurut informasi, ia saat ini sebagai Instruktur Kepribadian, beliau menyampaikan bahwasannya keprofesionalitasan dalam dunia kerja itu sangat penting.

Banyak wejangan yang diberikan oleh narasumber untuk menunjukkan perilaku dari seorang yang memiliki sikap profesional dalam  pekerjaan, antara lain adalah dengan selalu bersikap jujur dan bertanggung jawab. Beliau juga memberi tahu para peserta bahwa kebiasaan dari seorang profesional yaitu percaya diri, santun, positif thinking serta berpikir kritis. Beliau juga memberikan bagaimana strategi strategi guna meningkatkan kepercayaan diri yaitu:
1) Mengenal lebihan dan kekurangan diri; 2) Menjadi diri sendiri; dan 3) Mengembangkan ilmu dan wawasan.

Lebih lanjut Ibu Nurdina selaku narasumber juga berpesan “Bahwasannya keprofesionalitasan itu juga harus didukung dengan mimik wajah yang ceria, penampilan, karena penampilan merupakan image utama dari suatu komunikasi dan juga bagian dari citra diri seseorang dan merupakan sarana komunikasi dari orang lain” ujar Nurdina.

Nurdina juga menyampaikan pengalaman kerja sebagai seorang trainer motivator bidang keperintahan perusahaan dan perbankan. Ia juga membagikan tips dan trik bagaimana menjadi SMART WORKER, yakni dengan bekerja menggunakan skala prioritas, handal dalam pengaturan waktu, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mengenal rekan kerja sehingga terhindar dari segala perselisihan, dan yang terakhir adalah mengetahui batas kemampuan diri.
Sedangkan sesi sharing bersama Nurdina juga berlangsung seru. Selain menyampaikan pengalaman kerjanya, ia juga memberikan banyak wejangan untuk para peserta agar tidak menjadi pekerja pasif tapi aktif agar memiliki jenjang karir yang bagus.

*(Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri)*