Menindaklanjuti arahan Walikota Kediri terkait akselerasi pemulihan ekonomi daerah, Disperdagin Kota Kediri memulai program pendampingan bagi pelaku UMKM Kota Kediri untuk go digital.
Pada hari Rabu (15/7) bertempat di salah satu cafe, Disperdagin menyelenggarakan workshop foto produk yang dimaksudkan untuk memberikan bekal memadai bagi pelaku usaha menghasilkan tampilan visual produk yang menarik dengan bermodalkan smartphone.
Bertindak sebagai instruktur adalah Adhi Kusumo, seorang praktisi fotografi yang pernah mengenyam pendidikan di New York Institute of Photography. Pada workshop ini, ia memberikan tips jitu bagi 20 orang peserta workshop melalui penerapan rumus HASIL, akronim dari cahaya-alas-komposisi-detail. Untuk memastikan efektivitas penyampaian materi, Disperdagin berkoloborasi dengan komunitas fotografi lokal, Kelas Pagi Kediri, yang mengirimkan beberapa anggotanya sebagai volunteer (sukarelawan) untuk membantu instruktur dalam workshop tersebut.
Sebagaimana disampaikan oleh Plt. Kepala Disperdagin Drs. Nur Muhyar, “Kami telah menyiapkan serangkaian workshop dengan materi yang beragam, seperti foto produk, konten video, social media marketing, marketplace marketing, hingga materi tingkat lanjut semacam optimasi mesin pencari (SEO).”
Bahkan untuk mendorong penetrasi produk lokal di marketplace, Disperdagin telah memulai komunikasi dengan beberapa vendor jual beli online besar di Indonesia, “Ya, seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Kami sedang menjajaki untuk kolaborasi lebih lanjut.”
Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, dalam acara hari ini, Disperdagin menerapkan protokol pencegahan yang keta, seperti mewajibkan mengenakan masker, menggunakan hand sanitazer dan physical distancing di antara para peserta.(Dinas Komunikasi & Informatika)