Kediri (ANTARA) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan Hari Raya Idul Adha merupakan ibadah kurban sekaligus menunaikan ibadah haji bagi yang mampu merupakan momentum yang tepat untuk menumbuhkan keikhlasan dengan berbagi pada sesama.

"Mari jadikan dua momentum sebagai upaya menumbuhkan rasa memiliki, meningkatkan kesolidan serta keikhlasan. Insya Allah dengan begitu program unggulan Prodamas Rp100 juta per tahun ke depan dapat menjadi jalan iktiar bagi kami agar terwujud Kota Kediri unggul dan makmur dalam harmoni," katanya di Kediri, Jawa Timur, Minggu. 

Wali Kota ikut serta dalam menunaikan Shalat Idul Adha 2019 di Stadion Brawijaya Kota Kediri didampingi keluarga. Dalam shalat tersebut, bertindak sebagai Imam dan Khotib yakni H Ahmad Rifai.

Di hadapan ratusan jamaah salat, Mas Abu, sapaan akrabnya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, dimana pada Hari Raya Idul Adha ini berdekatan dengan momentum HUT ke-74 Kemerdekaan RI.  

Mas Abu juga menambahkan pelaksanaan ibadah haji dan pembagian hewan kurban, keduanya sarat dengan nilai-nilai spiritual dan sosial serta menjadi bagian dari syariat yang berasal dari sejarah kehidupan Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail. 

Pesan penting dalam ibadah ini adalah masyarakat diajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong dan saling memberi, yang pada akhirnya terbentuk semangat kebersamaan yang semakin kokoh. 

"Selain ibadah kurban, Hari Raya Idul Adha juga dikaitkan dengan kewajiban menunaikan ibadah haji bagi yang mampu dan memenuhi syarat. Melalui ibadah ini, Nabi Ibrahim memberikan pelajaran bahwa kedudukan manusia dihadapan Allah SWT semuanya sama tidak ada yang membedakan kecuali kualitas iman dan taqwanya," kata dia. 

Dalam kesempatan ini, Mas Abu juga mengajak seluruh jamaah untuk mendoakan seluruh saudara Muslim yang saat ini sedang menunaikan ibadah haji. 

"Mari bersama berdoa untuk saudara-saudara yang sedang menunaikan ibadah haji diberikan kekuatan dan keselamatan serta dapat menjadi haji yang mabrur. Untuk saudara-saudaraku yang belum bisa menunaikan ibadah haji. Kita doakan semoga segera dapat menunaikan ibadah haji di tahun-tahun mendatang," kata dia. 

Setelah selesai menunaikan Shalat Idul Adha, Wali Kota Kediri menyerahkan sapi kepada perwakilan PD Muhammadiyah Kota Kediri. Sementara untuk Idul Adha 1440 Hijriah ini, Pemkot Kediri berkurban sebanyak lima ekor sapi dan 15 ekor kambing. Seluruhnya disembelih untuk diberikan pada warga di Kota Kediri.