Penerapan PPKM di Kota Kediri, Rapid Antigen Personel Hingga Sinergi Aparat

Kediri Dalam Berita | 13/01/2021

polres kediri kotaFoto: Andhika Dwi Saputra

Kediri - 

Seluruh personel Polres Kediri Kota menjalani rapid tes antigen. 1.025 personel menjalani rapid tes antigen di RS Bhayangkara Kota Kediri.

Tes ini merupakan bentuk kerja sama RS Bhyangkara dengan Polres Kediri Kota sebagai langkah antisipasi kondisi kesehatan anggota. Sekaligus memberikan kepastian bahwa anggota Polri dalam pelaksanaan tugas sebagai pelayan dan pelindung masyarakat dalam kondisi sehat.

Terlebih dalam rangka membantu melaksanakan kegiatan PPKM sesuai SE Wali Kota Kediri yang emngharuskan personek dalam keadaan sehat dan prima bersama TNI dan Satpol PP.

 

Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo mengatakan PPKM Kota Kediri telah berjalan sejak Senin (11/1). Bersama anggota TNI, Satpol PP, anggota Polresta Kediri ikut melakukan operasi yustisi dan imbauan ke lokasi pertokoan, swalayan, dan pusat keramaian seperti kafe dan warung kopi.

"Saya ucapkan terima kasih kepada RS Bhayangkara atas kerja samanya, sekaligus ini merupakan kepastian anggota Polri dalam pelaksanaan tugas sebagai pelayan dan pelindung masyarakat dalam kondisi sehat. Terlebih dalam rangka membantu melaksanakan kegiatan PPKM sesuai SE Wali Kota Kediri dalam keadaan yang sehat dan prima bersama TNI, Satpol PP," ujar Eko kepada detikcom, Rabu (13/1/2021).

Berdasarkan hasil patroli hari pertama PPKM yang dilakukan Polri, TNI, dan Satpol PP Kota Kediri, bahwa pengelola pusat perbelanjaan dan mal telah menutup usahanya sesuai ketentuan yakni pukul 19.00 WIB.

Saat melakukan patroli, petugas juga selalu mengimbau kepada penjual serta pembeli untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan mencegah penyebaran COVID-19 dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan.

"Alhamdulillah, PPKM hari pertama sejumlah lokasi swalayan, pertokoan dan pusat keramaian di Kota Kediri mematuhi aturan. Pukul 19.00 WIB usaha mereka sudah tutup, namun anggota Satpol PP bersama TNI Polresta Kediri tetap melakukan imbauan agara selalu mematuhi protokol kesehatan," pungkas Eko.

Dandim 0809/Kediri Letkol Kav. Dwi Agung mengatakan selama masa pandemi COVID-19, anggota Dandim 0809/Kediri juga melakukan kegiatan bersifat pencegahan maupun imbauan kepada masyarakat agar disiplin protokol kesehatan.

Apalagi dalam kegiatan PPKM sesuai edaran Wali Kota Kediri, anggota Kodim 0809/ Kediri terintegrasi dengan anggota Polri dan Satpol PP bersama melakukan kegiatan operasi yustisi.

"Jadi kegiatan kami Kodim 0809 selaku bagian dari Satgas COVID-19 Kota Kediri terintegrasi bersama dengan Polri dan Satpol PP bersama sama mencegah dan selalu memberikan imbauan disiplin protokol kesehatan demi menekan angka terkonfirmasi positif COVID-19 turun," kata Dwi Agung.