Pelayanan Surat Nikah

pelayanan | 26 September 2022

 KELENGKAPAN DOKUMEN AKTA PERKAWINAN


 

Syarat-syarat Pengurusan Akta Perkawinan Offline dan Online

Bagi WNI :
1. Surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama atau penghayat kepercayaan terhadap Tuhan YME
2. Foto copy KTP-El dan KK calon pengantin
3. Foto copy Akta kelahiran
4. Bagi janda atau Duda melampirkan akta perceraian / Surat kematian bagi yg sudah kawin
5. Surat keterangan belum kawin dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi luar kota
6. Fotocopy KTP-El orangtua atau wali
7. Fotocopy KTP-El 2 orang saksi
8. Pasphoto Calon pengantin berwarna berdampingan ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar (Dilampirkan Saat Pernikahan Di DINAS)
 
Bagi WNA : 
1. Surat Tanda Bukti melaporkan diri ? STMD dari Kepolisian
2. Surat dokumen imigrasi
3. Passport dan Visa
4. Surat Ijin Tetap / Surat Ijin Tinggal Sementara
5. Surat Ijin dari Perwakilan Negara Asing Bersangkutan

BERLAKU LAYANAN 3 IN 1 (SATU PENDAFTARAN PINDAH DATANG SEKALIGUS MENDAPAT KK DAN KTP DAN SEMUA ANGGOTA KELUARGA)

Alur Pengurusan Dokumen

1. Pemohon Mengakses Aplikasi SAKTI/
    Loket Pendaftaran                           
2. Pemohon Melakukan Pendaftaran                   
3. Pemohon Mengisi Data, Upload dan Mencetak
    Bukti Pendaftaran
4. Operator Dukcapil Verifikasi berkas pengajuan
5. Pemohon suami dan isteri hadir di dinas untuk dicatat
6. Petugas Dukcapil Memberi persetujuan berkas
7. Operator cetak mengeluarkan Dokumen                                                                                                                     

Setelah dokumen dikeluarkan Pemohon wajib HADIR ke dinas sesuai jadwal di tiket/bukti pendaftaran untuk melakukan Pencatatan Pernikahan sekaligus menerima Dokumen Akta Perkawinan

Pendaftaran secara online dapat dilakukan DISINI
 
Pada jam pelayanan : SENIN - KAMIS : 08.00 s/d 14.00

                              JUM'AT             : 08.00 s/d 11.00