Ribuan Masyarakat Ikuti Jalan Santai BBGRM dan HKG PKK

03 September 2017

Ribuan masyarakat Kota Kediri mengikuti jalan santai dalam peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-45, Minggu (3/9) yang mengambil start dan finish di Halaman Balaikota Kediri.

Sebelumnya ribuan masyarakat mengikuti upacara Pencanangan BBGRM yang dipimpin oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Dalam sambutannya, walikota yang akrab disapa Mas Abu ini menekankan gotong-royong dimaknai bukan hanya sebagai slogan ataupun jargon. Namun harus diaplikasikan dalam kehidupan. "Saya yakin masyarakat Kota Kediri telah melakukan gotong-royong. Ini menunjukkan masyarakat menjaga kekompakan dan harmoni," ujarnya.

Mas Abu juga mengungkapkan gotong-royong di Kota Kediri meningkat dengan adanya Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas). Dalam menjalankan Prodamas ini masyarakat terlibat dalam perencanaan hingga pelaksanaannya.

Walikota berusia 37 tahun ini juga mengatakan, selain peringatan BGRM kegiatan ini juga memperingati HKG PKK. Mas Abu memberikan apresiasi terhadap capaian-capaian program PKK. "Dalam PKK perempuan diajak untuk membangun keluarga dan masyarakat yang kuat untuk membangun Kota Kediri tercinta," ujarnya.

Pencanangan BBGRM ditandai dengan dipukulnya kentongan oleh Walikota Kediri.

Dalam upacara ini, orang nomor satu di Kota Kediri tersebut juga memberikan piagam penghargaan lomba. Untuk Lomba Pelaksanaan Gotong Royong Terbaik tingkat kota, juara I diraih oleh Kelurahan Rejomulyo, juara II diraih oleh Kelurahan Dermo dan juara III diraih oleh Kelurahan Tosaren. Lomba Kelurahan tingkat kota juara I Kelurahan Bujel, juara II Kelurahan Kampungdalem dan juara III Kelurahan Bangsal. Kemudian juara Evaluasi Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK tahun 2017, juara I diraih oleh Kelurahan Burengan, juara II Kelurahan Gayam dan juara III Kelurahan Pakelan. Selanjutnya Seleksi Kader PKK Terbaik tahun 2016, Ny.Supiyati dari Kelurahan Bandar Lor, Ny.Nur Indah Kelurahan Tinalan, Ny.Srianah Kelurahan Blabak, Ny.Djariyah Kelurahan Bandar Lor, Ny.Atin Sri Kelurahan Tinalan dan Ny.Darmiasi Kelurahan Bandar Lor. Untuk pengabdian kader PKK diberikan kepada Ny.Dra.Sukati Kelurahan Dandangan, Ny.Sari Ayudi Kelurahan Kaliombo dan Ny.Subandriyah Keluran Mojoroto.

Acara ini dihadiri oleh Kapolres Kediri Kota AKBP.Anthon Hariyadi, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Kepala OPD, dan perwakilan PKK Kota Kediri.

Jalan Basuki Rahmad No.15, Pocanan, Kota Kediri, Jawa Timur 65146

(0354) 682955

kediri@kedirikota.go.id