Gandeng Semua Unsur, UPT Puskesmas Kota Wilayah Utara Gelar FKP Standar Pelayanan Kesehatan

berita | 19/02/2025

Sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, Pemerintah Kota Kediri melalui UPT Puskesmas Kota Wilayah Utara menggelar forum konsultasi publik, Rabu (19/2) di Ruang Pertemuan Kelurahan Setono Pande. Forum ini melibatkan berbagai unsur seperti OPD terkait, Kemenag, perwakilan TNI Polri serta komunitas.

Berkesempatan membuka forum, Camat Kota Kediri Bagus Hermawan Apriyanto mengatakan kegiatan ini merupakan forum dialog, diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan masyarakat. Tujuannya agar UPT Puskesmas Kota Wilayah Utara bisa memberikan pelayanan kesehatan secara optimal dan berkualitas. “Dari kegiatan ini kita ingin tingkat kesehatan masyarakat di Kota Kediri meningkat, usia harapan hidup semakin meningkat sehingga produktifitas dari masyarakat juga naik. Jadi manfaatkan forum ini untuk menyampaikan masukan, kritik dan saran untuk  perbaikan kualitas layanan kesehatan di Puskesmas Kota Wilayah Utara,” terangnya.

Pihaknya juga berharap partisipasi, sinergi, kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak terkait dapat terus terjalin agar pelayanan kesehatan semakin baik dan berkualitas. Menurut Bagus salah satu parameter layanan kesehatan yang baik dan berkualitas ialah ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan. “Jam buka pelayanan harus tepat sehingga masyarakat datang bisa terlayani dengan baik, cepat dan efisien,” tuturnya. 

Agar masyarakat lebih mengetahui dan memahami standar pelayaan publik, dalam kesempatan tersebut Kepala UPT Puskesmas Kota Wilayah Utara dr Susana Dewi menyampaikan beberapa jenis layanan, jam operasional serta retribusi layanan yang dijelaskan lebih rinci dalam bentuk paparan. “Ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelayanan sehingga pelayanan yang kita berikan bisa memenuhi standar pelayanan publik,” jelasnya. 

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan hasil survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) tahun 2024 sebesar 3,83 dengan kinerja unit pelayanan berpredikat sangat baik. Forum diawali dengan penandatanganan komitmen bersama oleh perwakilan unsur terkait. Selanjutnya diisi dengan diskusi dan tanya jawab dengan peserta. 

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri